Live Without Smartphone – Day 1: Breaking The Habit

Mengubah kebiasaan adalah sesuatu yang ga mudah. Bangun tidur gue sudah terbiasa langsung ngecek smartphone gue untuk melihat email masuk atau berita terkini. Bingung cari tempat nongkrong? Tinggal buka Foursquare. Mau nonton? Liat jadwalnya di Movreak. Sampai urusan lihat saldo bank dan cari rute angkot pun gue bisa lakukan dengan mudah di smartphone gue.

Hari pertama gue berhenti memakai smartphone ada hari yang sulit buat gue. Ada banyak kebiasaan gue yang harus dirubah. Semua yang berhubungan dengan internet kini harus gue lakukan di komputer. Cek saldo bank? Langsung ke ATM aja. Cari rute angkot? Tanya orang sekitar.

Memang saat pakai smartphone mencari informasi menjadi sangat mudah. Tapi dengan mudahnya juga informasi itu hilang dari kepala. Bahkan kadang gue suka lupa apa yang mau gue cari karena banyaknya distractions di dalam smartphone.

Semuanya berubah saat gue berhenti memakai smartphone. Semua informasi yang awalnya effortless kini jadi need a lot of effort saat dicari. Emang sich jadinya repot tapi sisi baiknya semua yang gue cari sekarang jadi lebih nempel di kepala.

Mengubah kebiasaan itu memang sesuatu yang ga mudah, tapi saat suatu kebiasaan bisa dirubah ada banyak hal baik yang terjadi. Bener ga?

Diterbitkan oleh

Cical

Pop culture enthusiast.

Tinggalkan Balasan

