Trip To Bromo

Hari kamis kemarin gue diajak berlibur ke Jawa Timur oleh sodara-sodara gue. Ceritanya kita mau mengunjungi beberapa tempat di sana seperti Surabaya, Bromo, dan Batu. Yang membuat gue exicted adalah ini kali pertamanya gue pergi ke Jawa Timur.

Perjalanan kita mulai hari Rabu malam dengan naik kereta Turangga. Nah ini yang menarik, gue ga inget kapan terakhir kali gue naik kereta api. 15 tahun yang lalu? 20 tahun yang lalu? Sayangnya kualitas kereta ga berubah dari semenjak terakhir kali gue naik kereta.

Setelah menempuh perjalanan selama 12 jam akhirnya kita sampai di Surabaya keesokan harinya. Berhubung ini pertama kalinya gue ke Surabaya, ga lengkap rasanya kalau ga foto di tempat yang satu ini:

IMG_20140130_095111

Yup, Suramadu :D. Jika dilihat sepintas, jembatan Suramadu ga ada bedanya sama jembatan Pasupati. Yang membedakan adalah Suramadu menyebrangi lautan dan menghubungkan Surabaya dengan Pulau Madura, which is awesome.

Oh ya sebenarnya berfoto di tengah jembatan Suramadu itu ga boleh loh. If you wanna do it, do it real quick.

Dalam perjalanan ke Bromo kita mampir dua tempat. Yang pertama adalah Sentra Kulit Tanggulangin. Di sini kita bisa belanja berbagai produk fashion berbahan kulit dengan harga super miring. Gue beli tas pinggang kecil cuma Rp. 42.000 di situ. Murah banget kan?

Tempat kedua yang kita datangi adalah Air Terjun Madakaripura. Ga banyak yang tahu tempat ini. Lokasinya juga cukup terpencil, di luar kota Pasuruan. Tapi jika kita datang ke sana kita bakal disuguhi pemandangan seperti ini:

DSC_0461 DSC_0457 DSC_0456

Karena kondisi jalan yang buruk, butuh perjuangan berat untuk sampai ke area air terjun ini. Jika ingin datang ke sini pastikan kita punya fisik yang kuat karena kita harus enam kali melewati sungai berbatu. Tapi medan perjalanan yang berat itu terbayar setelah sampai di area air terjunnya.

Kita sampai di bromo kamis malam. Setelah istirahat selama beberapa jam di hotel Braga Permai, kita dibangunkan jam 3 pagi untuk melihat matahari terbit di Pananjakan. Dari hotel ke Pananjakan cuma bisa ditempuh dengan menyewa mobil jeep. Waktu tempuhnya juga cukup lama, sekitar 45 menit.

Sayangnya karena hujan kita tidak bisa melihat matahari terbit dari atas Pananjakan. Padahal waktu itu banyak sekali yang datang ke sana.

IMG_20140131_051617

Dari Pananjakan kita naik mobil lagi menuju kawah gunung Bromo. Untuk mencapai kawah kita harus naik kuda karena jalanan yang ga bersahabat dengan mobil. Sayangnya saat sampai di sana lagi-lagi kita ga bisa melihat apa-apa karena kabut yang tebal.

IMG_20140131_072613

Saran bagi mereka yang ingin pergi ke Bromo, pastikan cuaca sedang bagus. Jika datang di musim hujan seperti awal tahun ada kemungkinan kita tidak bisa melihat apa-apa.

Sebenarnya masih ada satu tempat lagi yang kita kunjungi di Jawa Timur, yaitu Jawa Timur Park 2. Berhubung ada banyak hal yang gue bahas tentang tempat itu, kayanya bakal gue tulis di postingan selanjutnya. So, stay tuned :D.

Diterbitkan oleh

Cical

Pop culture enthusiast.

2 thoughts on “Trip To Bromo”

Tinggalkan Balasan

