The Game Tester

Beberapa bulan yang lalu, secara ga sengaja gue menemukan akun Agate Studio saat iseng-iseng buka Twitter. Saat itu mereka sedang membutuhkan volunteer untuk menjadi Game Tester. Setelah membaca tweet mereka gue berpikir, hey kenapa ga gue coba aja? I mean, i love video games. Pasti bakal jadi pengalaman yang menyenangkan.

Mungkin banyak yang belum mengetahui apa itu Game Tester. Game Tester adalah orang yang bertugas mencoba game sebelum game tersebut diluncurkan ke pasaran. Salah satu tanggung jawab Game Tester adalah memastikan game yang dia coba sudah bebas dari bug / error dan layak untuk dimainkan.

Kelihatannya tugas Game Tester itu sepele: cuma maen game doank. Eits tapi jangan salah, banyak loh Game Designer yang memulai karir mereka sebagai Game Tester. Setidaknya itu yang gue baca di majalah game beberapa tahun yang lalu.

Ok, back to Agate Studio. Jadi waktu itu mereka menyediakan formulir online yang harus kita isi jika kita berminat. Isian formulirnya sich standar aja. Yang pasti sich data diri, terus kita ditanya genre game yang kita minati, konsol game yang kita punya, yang terakhir game favorit.

Baru sekitar sebulan kemudian gue dapet respon email dari mereka. Isinya sich perkenalan dan menjelaskan program volunteer yang mereka buat. Selanjutnya kita akan dikirim email sesuai dengan genre game yang kita minati.

Gue sendiri baru dapat email lagi sekitar awal bulan lalu. Saat itu Agate meminta pendapat mengenai game yang sedang mereka buat. Undangan umtuk jadi Game Tester secara langsung baru gue dapat dua minggu yang lalu.

Akhirnya saat yang ditunggu-tungu akhirnya tiba. Senin, 2 Desember yang lalu gue datang ke Agate Studio untuk mencoba Game yang sedang mereka buat. Letak kantor mereka ternyata cukup jauh, di Setiabudi dekat STP.

Nah pasti pada penasaran dech, game apa sich yang kemarin gue coba? Jawabannya RA-HA-SI-A! Heheheh. Berhubung salah satu ketentuan jadi Game Taster di Agate adalah merahasiahkan game yang kita coba, jadi gue ga bisa kasih tahu. Yang jelas game yang kemarin gue coba benar-benar berbeda dari game-game yang gue pernah mainkan sebelumnya.

Satu yang gue ga duga adalah ternyata tiap orang yang sudah jadi Game Taster dikasih uang jalan. Uangnya sendiri dibagikan setelah program testing selesai. Duitnya ga banyak sich, tapi lumayan lah buat nambah-nambah uang jajan.

Sejauh ini gue cukup menikmati tugas sebagai Game Tester ini. Sebenarnya mereka kemarin menawarkan untuk posisi Game Tester full time tapi untuk sementara ga akan apply dulu dech. Gue udah punya rencana lain dan harus fokus di situ dulu (we’ll talk about this later).

Anyway, ga sabar pengen jadi Game Tester untuk game buatan Agate selanjutnya!

Iklan

Diterbitkan oleh

Cical

Pop culture enthusiast.

3 thoughts on “The Game Tester”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s