Hati-Hati! Ada Galaxy S4 Palsu!

Coba perhatikan gambar di bawah ini.

Galaxy S4 SuperCopy - Front

Siapapun yang melihat gambar ini pasti langsung tahu kalau itu Samsung Galaxy S4. Yakin itu Galaxy S4? Bagaimana kalau gue bilang kalau itu adalah smartphone buatan Cina yang dibuat sangat mirip dengan Galaxy S4 yang asli? Pasti pada kaget dech.

Hal itulah yang terjadi pada saudara gue. Jadi ceritanya dia beli smartphone itu dari kenalannya. Ngakunya kalau itu adalah S4 ‘murah’. Saudara gue yang ga ngerti smartphone percaya aja dan membelinya dengan harga 4,5 juta.

Palsunya S4 yang dia beli baru terbongkar ketika smartphone itu dia bawa ke rumah gue. Awalnya gue terkecoh waktu pertama kali megang. Tapi setelah mencoba beberapa saat gue tahu kalau S4 itu palsu.

Dus-nya sangat mirip yang asli
Dus-nya sangat mirip yang asli

Samsung Galaxy S4 versi abal-abal atau yang biasa disebut SuperCopy sebenernya bukan barang baru. Smartphone ini sudah banyak dikenal segelintir orang. Bahkan di kaskus sudah ada thread-nya sendiri.

Di Kaskus sudah cukup banyak seller yang terang-terangan menjual smartphone ini. Mereka jujur kalau smartphone yang mereka jual adalah SuperCopy bukan yang asli. Tapi sayangnya ada beberapa oknum penjual di luar Kaskus yang memanfaatkan Super Copy ini untuk menipu orang awam, seperti yang dialami saudara gue.

Terus gimana donk cara membedakan S4 asli dengan super copy? Nah berikut beberapa tipsnya:

1. Tidak ada kartu garansi
Walaupun dus dan kelengkapannya dibuat sangat mirip tetapi SuperCopy ini tidak dilengkapi kartu garansi. Ya iyalah, secara pabrik yang jualnya ga jelas. Siapa juga yang mau nanggung garansinya?

2. Tidak ada hologram SEIN

Segel pake bahasa Cina
Segel pake bahasa Cina


Jika kita buka cover belakang S4 asli maka kita akan lihat ada hologram SEIN (Samsung Electronics Indonesia) di baterai dan body. Di SuperCopy hanya ada segel abal-abal dengan tulisan Cina.

3. Tombol option dan back tidak rapih
Jika dibandingkan dengan yang asli tombol option dan back finishing-nya terlihat kasar dan tidak rapih. Di S4 asli dua tombol ini hanya terlihat ketika backlight menyala. Sedangkan di super copy dua tombol ini tetap terlihat ketika backlight mati.

4. Tidak ada Smart Pause & Air View
S4 SuperCopy tidak dilengkapi eye tracking dan sensor tangan. Jadi jangan harap bisa menikmati dua fitur ajaib ini di SuperCopy.

5. Fitur kamera standar
S4 asli terkenal dengan fitur kameranya yang ‘wah’ seperti dual shot, drama shot, sound & shot. S4 SuperCopy hanya bisa mengambil foto dan video standar aja.

6. Tidak ada aplikasi khas Samsung
Aplikasi semacam S Health, S Voice, Story Album, S Translator absen dari SuperCopy. Di Homescreen memang ada widget story album tapi kalau dipencet malah masuk ke Galery.

Galaxy S4 SuperCopy

Sebenarnya masih banyak perbedaan antara S4 asli dengan SuperCopy tapi yang paling utama ya yang gue tulis barusan. Sekedar info aja, SuperCopy dihargain tidak lebih dari Rp. 3 juta. Versinya ada berbagai macam. Kalau tertarik bisa lihat info lengkapnya di Kaskus.

Jika ga mau ketipu, pastiin kita membeli S4 di penjual yang terpercaya. Dan sebelum membeli periksa dulu kelengkapannya, apakah semuanya sudah sesuai dengan yang asli. Yang terpenting jangan percaya kalau ada orang yang ngaku-ngaku jual S4 baru dengan harga murah.

Jadi apakah S4 yang kamu punya asli?

Iklan

Diterbitkan oleh

Cical

Pop culture enthusiast.

2 thoughts on “Hati-Hati! Ada Galaxy S4 Palsu!”

  1. haha..ikut prihatin gan kene tipu
    moga2 yg jual dpt balesan nya
    gue lagi mau nyobain samsung s4 super copy gan
    berhubung ga ada banyak duit, hehe…
    ujung2 nya hape mahal2 cuman buat line, bbm, dan sms doank
    haha…. semoga aja air gesture jalan, dual shot, smart pause dll
    namanya juga replika ya beti lah beda tipis ya gitu deh….

    penting dari jauh kelihatan gaya hehe….

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s