Dunia Paralel

Jika kamu bisa kembali ke masa lalu, hal apa yang ingin kamu rubah dalam diri kamu?

Pasti kita sering banget mendengar pertanyaan seperti ini. Pertanyaan yang klise memang. Jawaban yang ‘benar’ dari pertanyaan ini juga ga kalah klise:

Jika saya bisa kembali ke masa lalu saya tidak merubah hal apapun dari dalam diri saya karena tanpa semua itu saya tidak mungkin menjadi orang seperti sekarang.

Apa bener begitu?

CC - Beach

Gue jadi teringat sebuah game RPG Playstation yang berjudul Chrono Cross. Tokoh utama dalam game itu, Sage memiliki kekuatan untuk pergi ke dunia paralel. Di dunia paralel yang dia kunjungi banyak sekali hal yang berbeda dengan dunia asalnya.

Suatu hari Sage berkunjung ke rumah nelayan yang sukses di kampungnya. Sambil memandangi ikan terbesar yang pernah dia tangkap, dia berkata seperti ini pada Sage:

Aku sangat puas dengan semua yang sudah saya capai sekarang tapi kadang aku suka penasaran dengan sosokku di dunia yang lain. Bukan berarti aku tidak senang dengan apa yang sudah aku capai, cuma aku ingin tahu apa jadinya ya jika dulu aku memutuskan untuk tidak jadi nelayan?

Ketika Sage pergi ke dunia paralel dia bertemu lagi dengan si nelayan – cuma dia bukan nelayan sekarang melainkan seorang pemuja dewa yang fanatik. Dia bukan lagi nelayan sukses yang sudah mengarungi lautan ganas, di sini dia hanya pria pengangguran yang kerjanya hanya memuja boneka dewa yang ada di ruang bawah tanahnya.

Ya, gue memang seperti si Nelayan. Gue ga pernah menyesali apa yang pernah terjadi pada gue sebelumnya (OK, maybe a little) cuma kadang gue penasaran dengan sosok lain gue yang ada di dunia paralel. Apakah gue bakal seperti sekarang? Apakah kehidupan gue bakal lebih baik? Dan yang terpenting, apakah gue bakal lebih bahagia?

Sayangnya gue bukan Sage, gue ga punya kekuatan untuk pergi ke dunia paralel untuk memastikan itu semua. Cuma satu yang bisa gue pastiin: Apapun yang kita pilih dalam hidup ini ga ada salah atau benar. Semua ada konsekuensinya. Yang perlu kita lakuin hanya menjalani hal yang menurut kita baik dan selalu siap menghadapi konsekuensi yang ada.

Diterbitkan oleh

Cical

Pop culture enthusiast.

Tinggalkan Balasan

