Review LG L5 II – Smartphone Murah Yang Elegan

Beberapa hari yang lalu gue akhirnya memutuskan untuk membeli smartphone baru. Untuk budgetnya sendiri gue punya sekitar dua juta. Ada beberapa Smartphone sebenernya yang jadi incaran gue: Nokia Lumia 520, Sony Xperia E, Lenovo S880, Galaxy Fame, dan yang terakhir LG L5 II.

Setelah membanding-bandingkan semua smartphone tadi akhirnya pilihan gue jatuh pada LG L5 II. Dan setelah seminggu memakai smartphone gue yakin kalau pilihan gue ini benar-benar tepat :).

l5LG L5 II dibanrol dengan harga Rp 2.200.000 di Erafone. kebetulan banget pas gue mau beli LG lagi ngadain roadshow di BEC. Di acara itu smartphone ini dibanrol cuma Rp. 2.075.000. Lumayan, hemat 125.000. Udah gitu dikasih bonus Micro SD 8 GB & soft case lagi.

Dari segi desain, satu kata yang terlintas waktu lihat smartphone ini adalah: mahal. Desain minimalis yang dipadu dengan casing glossy hitam membuat smartphone ini terlihat mewah dan elegan. Desainnya sedikit mengingatkan kita pada LG Chocolate yang keluar beberapa tahun yang lalu.

Gue sendiri sangat suka dengan desain seperti ini. Cuma sayang, bahan glossy-nya membuat smartphone ini licin saat dipegang. Selain hitam sebenarnya ada pilihan warna putih. Bahannya terbuat dari dof. Ga licin di tangan tapi (kayaknya sich) mudah kotor.

Untuk layar, smartphone ini dilengkapi layar IPS 4 inchi. Dengan tingkat kecerahan 56% layar ini sudah cukup terang dan nyaman dilihat. cuma sayang jika dibawa keluar ruangan layarnya jadi sulit dilihat, terutama jika terkena sinar matahari langsung. Maklumlah bukan AMOLED.

Dari segi antar muka LG L5 II ini ga terlalu banyak mendapat perombakan dari LG. Cukup mendekati versi asli dari Jelly Bean 4.1.2. Ada dua fitur yang ditambahkan LG di smartphone ini: Quick Memo dan Shutter Cheese.

Quick Memo adalah fitur favorit gue di smartphone ini. Dengan Quick Memo kita bisa membuat catatan ketika sedang menjalankan aplikasi apapun. Sepintas, fitur ini mirip S Notes yang ada di Galaxy Note. Sangat berguna jika kita ingin mencatat sesuatu saat menerima telepon atau ketika browsing web. Cara mengaktifkannya juga mudah, tinggal menekan tombol di samping kiri atas smartphone  ini.

Sedangkan shutter cheese adalah fitur untuk mengambil gambar  lewat kamera dengan perintah suara. Jadi kalau kita mau memotret cukup bilang “cheese” dan otomatis kamerapun mengambil gambar. Fitur yang bagus buat yang sering narsis-narsis, secara ga ada tombol kamera di smartphone ini. Tapi sayang responnya rada lambat menurut gue.

Performa prosesor 1 GHz single core yang ada di smartphone ini buat gue cukup pas untuk kebutuhan sehari-hari. Browsing, cek email, update status semuanya lancar. Main game ringan macam Angry Birds, Fruit Ninja atau Temple Run juga lumayan lancar. Tapi kalau banyak aplikasi yang berjalan di belakang, smartphone ini mulai terasa lag.

Untuk performa multimedia smartphone ini agak sedikit kurang bagus. Keluaran suaranya biasa aja. Ada fitur equalizer yang aktif jika kita pakai headset tapi anehnya ga ada perubahan yang signifikan jika kita ganti tiap preset yang ada. Mungkin ini software’s bug atau mungkin telinga gue aja yang budeg -_-“.

Jangan harap bisa muter video HD di smartphone ini. Gue udah coba dan smartphone ini langsung nge-hang -_-. Thank God smartphone ini bisa muter file video MKV beserta subtitle-nya. Paling ga bisa mengobati kekecewaan gue yang ga bisa nonton video HD di sini.

Hasil kamera dan rekaman video buat gue sudah cukup bagus. Gue ga begitu ngerti sich cara melihat kualitas foto yang bagus tapi buat gue hasil kamera dan video smartphone ini sudah cukup bagus untuk kebutuhan sehari-hari. Cuma sayang resolusi video-nya cuma 640×480. Belum HD, tapi untung hasilnya ga patah-patah.

Kalau punya gadget baru ga lengkap donk kalo ga diisi koleksi lagu atau foto yang kita punya dari komputer. Dan untuk urusan PC Connectivity, LG L5 II ini sangatlah mudah. Mau transfer data? tinggal colok aja. Mau dijadiin modem? tinggal colok dan pilih USB tathering. Cuma sayang tidak disertakan aplikasi PC Sync di paket penjualan.

Kesimpulan:
Untuk smartphone Android seharga dua jutaan, LG L5 II sangat layak untuk dibeli. Desainnya yang elegan bisa jadi daya tarik siapa saja yang melihatnya. Performanya juga cukup bagus untuk keperluan sehari-hari, asal jangan dipakai buat nonton video HD atau main game berat aja.

(+) Desain Elegan & Mewah
(+) Layar sentuh 4″ yang luas dan responsif
(+) Fitur Quick Memo dan Shutter Cheese yang sangat berguna
(+) PC Connectivity mudah

(-) Layar kurang baik untuk di luar ruangan
(-) Prosesor single core
(-) Equalizer ga jalan

Diterbitkan oleh

Cical

Pop culture enthusiast.

3 thoughts on “Review LG L5 II – Smartphone Murah Yang Elegan”

Tinggalkan Balasan

